Rabu, 18 Oktober 2017

Imbas Sentimen Negatif Rupiah Masih Berada Pada Zona Merah

Imbas Sentimen Negatif Rupiah Masih Berada Pada Zona Merah
Imbas Sentimen Negatif Rupiah Masih Berada Pada Zona Merah
LIPUTANMALAM.NET - Imbas dari sentimen negatif rupiah masih harus tidak berkutik pada zona merah terhadap Dollar AS pada perdagangan hari ini. Pelemahan yang terjadi disebabkan oleh banyak faktor yang semakin menekan kondisi ekonomi tanah air.

Menurut website bloomberg hari ini rupiah hari ini masih berada flat dilevel 13.506 dibanding penutupan kemarin yang pernah melemah sampai diangka 13. 507. Tapi dalam waktu hanya 40 menit pertama rupiah justru semakin melemah pada angka 13.514 .

Menurut pakar pasar uang Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada, Pergerakan Rupiah kembali mengalami pelemahan seiing dengan kembalinya USD mengalami apresiasi.

Lihat Juga : Kekhawatiran Harga Beras Akan Naik Lagi

"Sentimen global telah membuat rupiah terpuruk. Yaitu  adanya sentimen dari Presiden Trump yang akan menentukan nahkoda baru dari The Fed membuat laju USD berbalik menguat karena terkait dengan percepatan kenaikan suku bunga AS nantinya." kata dia di Jakarta, Rabu (18/10).

Selain itu, kata dia, kenaikan USD juga ditopang oleh meningkatnya imbal hasil obligasi AS dimana pelaku pasar berspekulasi Presiden Trump akan memilih John Taylor sebagai calon Gubernur The Fed yang bersikap hawkish sehingga diasumsikan kenaikan suku bunga akan lebih agresif.

Berita Ekonomi Terpanas - Ditambah lagi, kata dia, Pergerakan Euro kembali melemah seiring masih adanya menahan diri dari pelaku pasar terkait kondisi geopolitik dan jelang pertemuan bank sentral Uni Eropa (ECB).

"Jadi dengan mulai adanya berbagai sentimen negatif dapat menjadi penghalang kenaikan Rupiah, sehingga dikhawatirkan akan membuka peluang pelemahan lanjutan." jelas dia.

Untuk itu, kata Reza, tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat kembali menahan potensi penguatan Rupiah.

"Dengan kondisi begitu, diiperkirakan suppoet Rupiah akan bergerak di kidsrsn 13.517. Sedang resisten rupiah akan di kisaran 13.470 . " pungkas dia.

Tidak ada komentar:
Write komentar